Belajar PHP untuk pemula GET & POST

Pada bab sebelumnya, kita telah mengenal proses assignment. Anda dapat mengassign suatu  nilai  kepada  suatu  variabel.  Proses  assignment  yang  telah  kita  pelajari  adalah dengan cara memberikan perintah sbb:

$namaVariabel = nilai;

Di dalam scriptnya secara langsung. Misalnya:

<?php

$bilangan1 = 2; $bilangan2 = 6;
$jumlah = $bilangan1 + $bilangan2;
echo "Hasil penjumlahannya adalah ".$jumlah;

?>


Nah…  sekarang  kita  coba  kembangkan  sedikit.  Pada  script  di  atas  kita  hanya  bisa menjumlahkan bilangan 2 dan 6. Kalaupun kita ingin menjumlahkan bilangan yang lain, maka   kita   harus   mengedit   scriptnya   dan   mengubah   kedua   bilangan.   Sekarang… bagaimana kalau kita kembangkan script di atas supaya bisa menjumlahkan bilangan- bilangan lain tanpa mengubah scriptnya supaya lebih interaktif.

Untuk bisa melakukan hal di atas, Anda terlebih dahulu harus telah memahami POST dan GET Request.


POST Request 

POST  request  adalah  proses  mengirim  data (submit)  melalui  form  yang  berasal  dari (X)HTML. Karena PHP adalah bahasa program atau scripting, maka PHP bisa digunakan untuk menerima data hasil submit tersebut. Data yang diterima nantinya bisa diproses dalam script PHP.

Untuk  menerima  data  dari  proses  submit  form  dalam  PHP,  kita  gunakan  statement assignment berikut ini.

$namaVariabel  = $_POST['nama komponen dalam form'];

Dalam  hal  ini,  nama  variabel  boleh  sama  atau  tidak  sama  dengan  nama  komponen dalam form. Namun… sangat disarankan, Anda membuat nama variabel yang berbeda dari nama komponen formnya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya hacking.

Perhatikan contoh program POST berikut ini:



Tampilan pada webnya akan seperti ini :


SIlahkan dicoba hehehe...


GET Request 

Apabila POST request adalah proses merequest data melalui form, maka GET request adalah melalui URL. 

Terkadang  ketika  browsing  di  internet,  kita  temukan  URL  atau  link  yang  berbentuk misalnya seperti berikut ini 

http://situs.com/script.php?a=4&b=6 

Perhatikan  bagian  URL  yang  saya  kasih  bold  tersebut.  Bagian  tersebut  dinamakan parameter. Konsep GET Request pada prinsipnya mirip dengan POST. Nah… pada contoh URL di atas maksudnya adalah mensubmit atau mengirim data ke script bernama script.php. Apa yang dikirim? Yang dikirim adalah nilai a = 4 dan b = 6. Nilai yang dikirim tersebut nantinya akan dijadikan sebagai input pada proses yang terjadi di script.php. 

Selanjutnya  bagaimana  membaca  input  dari  GET  request  tersebut?  Caranya  adalah menggunakan $_GET['nama parameter']; 

 Contoh Program GET  :

Tampilan pada Webnya seperti ini :

Coba bandingkan antara POST dan GET diatas .. Semoga bermanfaat :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghitung Luas dari Beberapa Bangun Datar dengan C#

Berkenalan dengan C#

Contoh Permasalahan dengan Switch