Berkenalan dengan C#

Pengenalan Bahasa C#

Apa sih C# itu?
C# (dibaca: C sharp) Bukan si sarap yak ..hehehe, C# merupakan sebuah bahasa pemrograman yang berorientasi objek yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari inisiatif kerangka .NET Framework. Bahasa pemrograman ini dibuat berbasiskan bahasa C++ yang telah dipengaruhi oleh aspek-aspek ataupun fitur bahasa yang terdapat pada bahasa-bahasa pemrograman lainnya seperti JavaDelphiVisual Basic, dan lain-lain) dengan beberapa penyederhanaan.


Struktur Program dalam C

Dalam pemrograman C# (mungkin juga berlaku untuk beberapa pemrograman lainnya) memiliki 5 struktur dasar yang harus diingat yaitu,
1.Resource atau library
Struktur pertama ini merupakan pendefinisian library apa yang harus ada pada program kita atau library apa yang kita impor.
2.Namespace
Struktur kedua ini adalah nama dari project kita.
3.Nama Class
Struktur ketiga ini berbicara tentang kelas yang kita mau buat, Contoh Main Class untuk kelas utama
4.Deklarasi Method
Struktur keempat ini merupakan pendeklarasian method sebagai awalan untuk menjalankan method atau perintah yang ada di dalamnya, jika didefinisikan dengan "Main" maka method tersebut yang dijalankan pertama kali oleh compiler.
5.Method atau Command
Struktur kelima adalah method atau perintah yang kita berikan untuk di eksekusi oleh compiler.
Seperti ini Contohnya :
Pada contoh diatas using System; adalah struktur pertama, selanjutnya namespace ConsoleApplication2 adala struktur kedua, kemudian class Program adalah struktur ketiga, lalu static void Main(string[] args) adalah struktur keempat , dan terakhir Console.WriteLine("nama kalian" atau Hello World biasanya"); adalah struktur kelima.

Output dari percobaan diatas bisa dilihat sebagai berikut :

Catatan : fungsi dari Readkey(); adalah agar program yang kita jalankan tidan menutup dengan cepat. Jika kalian masih ragu langsung saja dipraktekkan, sambil ngopi biar FOKUS hehe...

Sekian dulu Kenalannya ya ntar lanjut lagi bye..





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghitung Luas dari Beberapa Bangun Datar dengan C#

Contoh Permasalahan dengan Switch